Friday 28 March 2014

Tips Kecantikan



Buang atau Simpan?

Anda masih menyimpan lipstik yang dibeli dua tahun silam? Hati-hati lo! Banyak produk kosmetik yang kita pakai sehari-hari tanpa disadari ternyata telah kadaluarsa. Salah-salah, justru mendatangkan masalah baru diwajah.


1. Jauhkan produk kosmetik seperti lipstik, dan maskara dari kamar mandi. Demikian juga obat-obatan. Kelembapan are kamar mandi akan mempercepat kadaluarsanya.
2. Jauhkan pula dari suhu tinggi, termasuk paparan sinar matahari langsung. hal itu bisa membuat produk berubah warna dan aroma.
3. Jangan pernah mencampur satu produk kosmetik tertentu dengan produk lainnya ke dalam satu wadah/botol. Ini akan menimbulkan tumbuhnya bakteri yang akan mempercepat masa kadaluarsanya. Lebih parah lagi, produk kosmetik tersebut akan menyebabkan iritasi/infeksi apabila terus-menerus dipakai.
4. Perhatikan baik-baik lotion atau krim yang masih di atas meja rias Anda. Jikacairan tampak terpisahsetelah dibiarkan beberapa saat, berarti harus langsung dibuang.
5. Perhatikan pula baunya. Jika tercium bau yang berubah dari aslinya, berarti sudah kadaluarsa. Artinya Anda harus segera membuangnya.
6. Foundation, pelembab, dan produk kosmetik berupa krim miemiliki masa kadaluarsa kira-kira satu tahun setelah dibuka dan disimpan dengan baik. Jika terlihat ada perubahan, misalnya baunya sudah berubah, berarti kondisinya tidak baik lagi. Sebaiknya segera dibuang!
7. Wewangian/parfum jika disimpan dengan baik, jauhkan dari sinar matahari atau panas,dapat disimpan 3-5 tahun lamanya. Sebaiknya simpan minyak wangi ditempat yang sejuk dan gelap. Misalnya didalam laci atau wadah kosmetik.
8. Semua jenis kosmetik berbentuk bedak, termasuk perona pipi dan mata, mempunyai masa kadaluarsa yang sangat lama. Hal itu tergantung dari cara pemakaian Anda. Biasakanlah selalu membersihkan kuas kosmetik secara berkla.
9. Pensil kecantikan (pensil alis, pensil bibir, dan eyeliner) juga mempunyai masa kadaluarsa yang lama. Ini karena setiap kali Anda meraut eyeliner atau pensil bibir, berarti baru lagi.
10. Bakteri tidak akan tumbuh di produk-produk yang berlilin seperti lipstik atau lipgloss. Jadi, produk ini ddapat bertahan 1-2 tahun lamanya. tapi jika ada bintik-bintik pada permukaan lipstik, pertanda sudah kepanasan atau kelewat lama disimpan dan tak dipakai. Coba Anda periksa warnanya, segera buang lpstik bila telah berubah warnanya.
11. Maskaara dan eyeliner cair hanya berjangka waktu 3 bulan. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif. Jadi, lindungi dengan baik agar tak kena infeks

AGAR AMAN & TAHAN LAMA
  • Sering kali Anda memakai tisu atau spons  yang berwarna gelap untuk menyapukan bedak diwajah. Ini terjadi karena minyak yang terkumpul dari kulit dan terserap dalam spons. hindari hal semacam ini dengan membersihkan/mencuci spons secara teratur. Atau Anda dapat membeli yang murah untuk sekali pakai.
  • Kuas kosmetik harus dicuci sekurang-kurangnya seminggu sekali agar produk kosmetik Anda tetap segar dan higinis. Caranya, cuci kuas dalam wadah berisi campuran air hangat dan sedikit sabun mandi cair. Bilas hingga bersih, serap, dadn keringkan air yang tersirat dengan tisu atau lap bersih.
  • Merupakan ide yang baik untuk meraut atau meruncingkan pensil kosmetik sekurang-kurangnya seminggu sekali. Ini untuk menghilangkan semua jenis kotoran konstamina yang ada. jangan sampai pensil menjadi basah dan kemusian kering kembali, hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.
  • Jika Anda memakai maskara atau eyeliner, sesudahnya tutup kembali dengan baik karena jika ada udara yang masuk, bisa membuat bakteri tumbuh subur.
  • Hindari gerakan memompa maskara atau eyeliner cair dalam wadahnya. Kebiasaan ini justru mengakibatkan maskara dan eyeliner menjadi cepat kering.

Cr: KANTI 

No comments: